Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Guru: (Studi Kasus Pada Salah Satu Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bandung)

Firmansyah, Diana and Riadi, Farid and Adinata, Ujang Wawan Sam and Suherman, Asep Rochyadi (2022) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Guru: (Studi Kasus Pada Salah Satu Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bandung). Majalah Bisnis & IPTEK, 15 (2). pp. 129-143. ISSN 2502-1559

[thumbnail of bistek/article/view/270] Text
bistek/article/view/270 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB)
[thumbnail of Paper] Text (Paper)
270-13-907-1-10-20221130.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya antara kompetensi pedagogik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif di kompetensi pedagogik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja guru dalam usaha memperoleh data dan informasi yang akan mendukung penelitian ini yaitu dengan mengambil objek penelitian adalah sebanyak 30 guru menggunakan kuesioner yang ditujukan untuk para guru pada salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis jalur terlihat bahwa variabel kompetensi pedagogik (X1) mempunyai pengaruh langsung sebesar 25,9%, pengaruh tidak langsung melalui hubungan motivasi ekstrinsik (X2) sebesar 16,1%, total pengaruh sebesar 42%. Motivasi ekstrinsik (X2) mempunyai pengaruh langsung sebesar 17,9% dan pengaruh tidak langsung melalui kompetensi pedagogik (X1) sebesar 16,1%, total pengaruh sebesar 34%. Hasil hubungan koefisien determinasi (Rsquare) yang dinyatakan dalam persentase menggambarkan besarnya kontribusi semua variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik (X1), dan motivasi ekstrinsik (X2) dalam menentukan variabel kinerja guru adalah sebesar 0,760 atau 76% sedangkan faktor lain yang tidak mempengaruhi kinerja yang tidak diteliti ditunjukan oleh nilai ? = 0,240 atau 24%.

Adapun kesimpulan dan saran-saran yang didapat dipertimbangkan sehubungan dengan hasil penelitian adalah manajemen sebaiknya mampu menjaga dan meningkatkan kedua variabel di atas.

Item Type: Article
Subjects: Science Management Business > Higher Education Management
Science Management Business > Management
Science Management Business > Management Science
Science Management Business > Human Resource Management
Science Management Business > Organizational Management
Divisions: Program Studi S1 Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repo@stiepas.id
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:46
Last Modified: 31 Jul 2024 06:58
URI: https://repository.stiepas.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item